13 March 2014

Ngoding

Apa tuh ngoding?

Singkatan dari ngopi deket dinding?
Nope.

Ngekost di Gading?
Nope.

Udah ah, jayus, De.
Hahahaha maaf ya, lagi mumet banget ini gara-gara tugas ngoding yang tak kunjung berakhir.

Jadi, apa itu ngoding? Ngoding adalah verba bahasa Indonesia dari to code. Bukan, yang gue maksud di sini bukan to code khas ala cewek yang suka dikirim ke cowok. Bukan sejenis #kode yang lagi ngetren itu. Bukan. Ini adalah bahasanya programmer atau anak-anak ilmu komputer untuk kegiatan menulis (mengetik sih literally) kode program komputer. Ngoding diambil dari kata coding, yang kalo dibahasaindonesiakan artinya menulis source code. Apa itu source code? Kalau kata Wikipedia sih, source code is any collection of computer instructions (possibly with comments) written using some human-readablecomputer language, usually as text. Seperti apa itu source code? Here we go, my Java source code untuk Latihan 3 Mata Kuliah Struktur Data dan Algoritma.


Ya, begitulah. Looks like a geek ya gue, ngoding-ngoding begini hihihihihi. Well, seriously, nggak ada yang salah being a geek.

Balik lagi ke masalah ngoding, ngoding itu susah, guys. Susah, sekali lagi. Apalagi buat orang yang nggak punya background apa-apa mengenai pemrograman, kaya gue. Terlebih lagi buat orang yang sebenernya nggak punya minat untuk jadi programmer, kaya gue. Karena gue kuliah di Sistem Informasi, mau nggak mau gue harus mengerti komputer juga, karena komputer merupakan kekuatan utama di era teknologi seperti sekarang ini. Bukan mengerti untuk ngebetulin komputer atau Microsoft Office, ya. SEKALI LAGI GUE TEKANKAN, kita di sini bukan belajar ngebenerin hardware komputer atau Microsoft Office. #lelahdenganparadigmamasyarakat.

Sekian dengan curhatan pagi ini.
*Kembali melanjutkan ngoding Latihan 4 yang dari kemarin pundung.

No comments:

Post a Comment