20 February 2014

College Life

Kuliah.

Dulu –sebelum menjadi anak kuliahan— gue selalu excited setiap mendengar kata itu. Nggak tau, ngeliatin anak kuliahan tuh seru abis. Bebas dan banyak waktu luang. Yah, gambaran FTV lah.

Gue kira kehidupan kuliah gue bakal seseru itu. Tapi ternyata…..



Meme-nya menggambarkan lah ya. Nggak usah dijelasin.

I’m not saying college life is not fun. It’s fun! Yes, IT IS. Tapi banyak rintangan yang harus dilalui di sela-sela bagian menyenangkannya. Seperti saat ini. Saat ketika Lab SDA gue belum kunjung mendapat pencerahan, peta konsep MPKT A belum jadi, worksheet Alin masih kosong, kuis online belum disentuh, dan bahan ajar video SDA belum ditonton. Alhamdulillah, PPSI & Adbis masih baik. WHOA, begini toh jadi anak kuliahan.

Sebenernya saat ini kepala gue masih aman, nggak dalam kondisi mau pecah. Masih awal-awal semester, jadi masih fresh wkwkwk. Lagian gue masih gabut, masih kupu-kupu semester ini. Cuma ya gue pengen curhat aja, betapa kehidupan gue berubah menjadi amat padat semenjak sesuatu bernama kuliah datang pada kehidupan gue.

Kuliah gue rasa tidak akan menjadi semelelahkan dan sepadat ini kalau gue nggak kuliah di jurusan ini. Kuliah di sini susah… Buat gue. Kenapa susah? Karena gue mempelajari sesuatu yang belum pernah gue sentuh sebelumnya. Biarkan gue mencurahkan sejenak ya, apa yang gue alami selama kuliah di sini.

Jadi, di Sistem Informasi itu kita belajar komputer dan manajemen. Ya intinya kita belajar ngoding iya, manajemen juga iya. Belajar manajemen sih buat gue menyenangkan… Jadi sesusah apa pun nggak papa. Cuma belajar komputernya itu loh, HWAAA! Please note ya, gue bukan belajar Microsoft Excel dan kawan-kawan atau hardware komputer. Di sini kita belajar pemrograman untuk mempermudah manusia melakukan kegiatan sehari-hari. Nah, belajar pemrograman itulah yang menyulitkan (biasanya disebut ngoding). Duh gila, respek gue amat begitu tinggi pada programmer-programmer di luar sana. Bahkan nggak usah jauh-jauh, yang ada di fakultas gue respek setinggi-tingginya.

Meskipun susah, sejujurnya gue menikmati kuliah di sini hehehe. Ternyata seru juga belajar programming. Bener-bener melatih logika. Terus juga ada sensasinya gitu tiap kodingannya berhasil. KALAU berhasil hahahahaha. Yang membuat lelah itu emang biasanya tugas ngoding. Soalnya gue belum secanggih programmer-programmer seharusnya, hiks.

BTW, gue mau buat pengakuan. Masa baru dua minggu kuliah semester 2, udah 3 kali aja gue skip kelas :-( Ya Allah, kapan ya gue kapok skip kelas. Emang sih, semuanya gara-gara telat, bukan males. Tapi tetep aja judulnya skip kelas. Fufufu padahal resolusi 2014 gue adalah mengurangi skip kelas. 

Gue sendiri heran, masih jadi maba udah sering banget skip kelas. Ngga tau diri banget ya hahaha. Serius deh, semester kemarin itu gue seringggg banget ngeskip kelas. Alasannya sih gara-gara dosennya kurang jelas, dan yang ada gue malah tidur di kelas. Mendingan gue belajar sendirian dari slide di perpusat. Dari 5 matkul, cuma dua matkul yang nggak pernah gue skip, yaitu DDP & MPKT B. Tiga matkul sisanya, gue cuma masuk sekitar setengah presensi dari yang seharusnya. Parah bet yak wkwk. Alhamdulillah, punya teman-teman yang mau berbaik hati dititipkan absen oleh gue. Saking seringnya skip kelas, gue cuma menargetkan, "Lulus aja udah alhamdulillah". Eh, tapi alhamdulillah banget IPK gue melebihi ekspektasi. Xixixi, happiness = reality - expectation.

Semester ini dan ke depannya gue nggak boleh males-malesan lagi. Harus tetap semangat! Sesulit apa pun harus tetap dijalani. "When you think you want to give up, think again about why you started".

Over-all gue bersyukur bisa mendapatkan semua ini. Sekarang gue mau fokus kuliah, jadi lulusan yang berkualitas, jadi eksmud sukses! Hihihihihi. Gue juga mau menikmati semua yang gue lewati di sini. Karena semua tidak akan datang dua kali. Alhamdulillah, gue adalah orang yang menghargai setiap momen yang gue lewati. Jadi gue belum pernah merasakan penyesalan mendalam karena telah melewatkan momen-momen yang terlewati.

"Time is like a river. You can not touch the same water twice, because the flow that has passed will never pass again. So enjoy every moment of life as it comes."

No comments:

Post a Comment